Pengertian Sejarah Umum Menurut Para Ahli, Guru Terbaik untuk Masa Depan

pengertian sejarah

PASUNDAN EKSPRES – Yo, bro! Kita lagi bahas nih, “pengertian sejarah,” tentunya.

Makanya, jangan bosen-bosen ya baca artikel ini, karena kita bakal kasih tau apa sih arti sejarah itu dalam bahasa yang gak ribet.

Gak usah formal-formal, geng, kita bahas asik-asik aja!

Baca juga: Pengertian Sejarah Secara Etimologi dan Menurut Para Ahli yang Harus Kamu Tahu

Apa sih Pengertian Sejarah itu?

Sejarah. Kata yang satu ini udah gak asing lagi di telinga kita, ya kan?

Sejarah adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang kejadian dan peristiwa yang terjadi di masa lalu.

Tapi, apa sih sebenarnya pengertian sejarah itu?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sejarah adalah kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau.

Jadi, sejarah itu bisa berupa peristiwa besar, seperti perang, revolusi, atau penemuan penting.

Bisa juga berupa peristiwa kecil, seperti kelahiran seseorang, pernikahan, atau kematian.

Menurut para ahli, pengertian sejarah juga bisa diartikan sebagai berikut:

  • Nugroho Notosusanto berpendapat bahwa sejarah adalah peristiwa manusia sebagai makhluk bermasyarakat yang terjadi pada masa lalu.
  • Sartono Kartodirdjo berpendapat bahwa sejarah menceritakan kejadian dengan membuat kembali peristiwa tersebut secara verbal.
  • A.B. Lapian berpendapat bahwa sejarah adalah ilmu yang mempelajari tentang perkembangan masyarakat dan kebudayaan manusia.

Dari berbagai pengertian sejarah tersebut, bisa kita simpulkan bahwa sejarah itu adalah peristiwa dan kejadian yang terjadi di masa lalu, terutama yang berkaitan dengan manusia dan masyarakatnya.

Sejarah bisa berupa peristiwa besar maupun kecil, yang penting adalah peristiwa tersebut benar-benar terjadi.

Kenapa Sejarah Penting?

Nah, geng, mungkin ada yang nanya, “Emang, penting banget sih ngertiin sejarah?”

Jawabannya iya, dong! Sejarah itu kayak peta buat kita biar gak bingung ngeliat masa depan.

Dari pengalaman masa lalu, kita bisa belajar, ngelakuin yang lebih baik, dan gak ulangin kesalahan yang sama.

Contohnya, kita bisa liat dari sejarah bahwa perang gak pernah bawa kebaikan.

Jadi, daripada berantem-anteman, mending damai aja, kan?

Sejarah juga bisa nyindir kita tentang hak asasi manusia, keadilan, dan persamaan.

Kalau gak tau sejarahnya, bisa aja kita gak sadar kalo ada hal-hal yang perlu diperbaiki.

Sejarah itu bisa dipelajari dengan berbagai cara.

Kita bisa mempelajari sejarah melalui buku, artikel, film, atau kunjungan ke museum.

Kita juga bisa mempelajari sejarah secara langsung, misalnya dengan mengikuti kegiatan sejarah atau menjadi relawan di museum.

Cara Studi Pengertian Sejarah yang Keren

Buat lo yang mau jadi pakar penegertian sejarah atau cuma penasaran aja, berikut beberapa cara keren buat belajar sejarah:

  • Baca buku sejarah yang menarik, geng! Gak cuma buku teks, tapi yang berisi kisah-kisah menarik. Cobain deh baca “Sapiens: Sejarah Manusia” karya Yuval Noah Harari, yang bisa ngebuka wawasan lu tentang sejarah manusia.
  • Tonton dokumenter sejarah, ada banyak di YouTube dan Netflix. Bisa sambil santai ngeresearch sambil nonton, mantap!
  • Kunjungi museum sejarah, geng. Di situ, lo bisa liat langsung artefak dan benda-benda bersejarah. Salah satu museum keren di Indonesia adalah Museum Nasional di Jakarta, nih.
  • Diskusi sama orang-orang yang ngerti sejarah. Ngobrol sama guru, dosen, atau komunitas pecinta sejarah. Mereka pasti punya banyak cerita seru!
  1. Sejarah Digital

Seiring berkembangnya teknologi, sejarah juga makin mudah diakses, geng. Situs web kayak “Sejarah Indonesia” (https://www.sejarah-indonesia.com/) atau “Sejarah Dunia” (https://sejarahdunia.id/) bisa jadi sumber referensi yang oke, seperti docplayer.info/141459451-Bab-i-konsep-sejarah-tengku-iskandar-kamus-dewan-bahasa-dan-pustaka-kuala-lumpur-1996.

Mereka nyediain info sejarah dengan bahasa yang gaul dan mudah dipahami.

Berita Sejarah Terkini

Selain itu, gak cuma buat belajar tentang masa lalu, sejarah juga bisa memberi kita insight tentang berita-berita terkini.

Misalnya, kita bisa belajar dari sejarah konflik-konflik di Timur Tengah, buat lebih paham tentang kondisi di sana hari ini.

Menulis Sejarahmu Sendiri

Nah, sekarang udah tau pengertian sejarah dan kenapa penting, geng.

Selain belajar dari sejarah, kita juga bisa nulis sejarah kita sendiri, lho.

Apa yang kita lakuin hari ini akan jadi sejarah besok. Jadi, yuk, buat sejarah yang baik!

Sejarah bukan cuma benda kering dan membosankan, geng.

Sejarah itu tentang kita, manusia, dan perjalanan kita di planet ini.

Dari sejarah, kita bisa belajar, menginspirasi, dan merencanakan masa depan yang lebih baik.

Jadi, jangan diabaikan, yuk, jadi pahlawan sejarahmu sendiri!