3 Resep Sayur Asem yang Bisa Bikin kamu Ketagihan

3 Resep Sayur Asem yang Bisa Bikin kamu Ketagihan
3 Resep Sayur Asem yang Bisa Bikin kamu Ketagihan

PASUNDAN EKSPRES-Woy, woy, woy! Buat para pecinta masakan Indonesia, siap-siap buat merasakan segarnya sayur asem yang bikin lidah bergoyang!

Siapa yang bisa nolak sensasi pedas, asam, dan segar dari satu mangkuk sayur asem yang lezat?

Nah, kali ini kita bakal bahas tentang tiga resep sayur asem yang bisa bikin kamu ketagihan. Siap-siap ngiler!

3 Resep Sayur Asem yang Bisa Bikin kamu Ketagihan

1. Resep Sayur Asem Tradisional

Siapa yang nggak kenal dengan sayur asem tradisional? Ini adalah sajian klasik yang selalu bikin kita merasa nyaman dan kangen masa kecil.

Dengan bumbu-bumbu yang khas dan sejuknya asam segar, sayur asem ini emang juara banget! Yuk, kita mulai resepnya!

Bahan-bahan:

  • 200 gram kacang panjang, potong-potong
  • 100 gram labu siam, potong-potong
  • 1 buah terong ungu, potong-potong
  • 2 buah jagung manis, potong-potong
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai, memarkan
  • 3 lembar daun jeruk
  • 3 buah cabai merah, iris serong
  • 3 buah cabai rawit merah, iris serong
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 5 butir bawang merah, haluskan
  • 1 sendok makan gula merah, sisir
  • 2 sendok makan asam jawa, larutkan dengan sedikit air
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat Resep Sayur Asem:

  1. Rebus air dalam panci hingga mendidih.
  2. Masukkan daun salam, serai, dan daun jeruk. Masak hingga harum.
  3. Masukkan kacang panjang, labu siam, terong, dan jagung. Masak hingga setengah matang.
  4. Tambahkan bumbu halus, cabai merah, dan cabai rawit. Aduk rata.
  5. Tuangkan larutan asam jawa dan gula merah. Aduk kembali.
  6. Tambahkan garam secukupnya sesuai selera.
  7. Masak hingga sayur benar-benar matang dan bumbu meresap.
  8. Angkat dan sajikan sayur asem tradisional dengan nasi hangat.

2. Resep Sayur Asem Ikan

Nah, kalau yang satu ini, kita bakal tambahkan protein dari ikan ke dalam sayur asem.

Rasa asamnya yang segar dipadu dengan cita rasa gurih dari ikan, wah, bikin nggak bisa berhenti makan! Yuk, kita lihat resepnya!

Bahan-bahan:

  • 300 gram ikan gurame, potong-potong
  • 200 gram kacang panjang, potong-potong
  • 100 gram labu siam, potong-potong
  • 2 buah jagung manis, potong-potong
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai, memarkan
  • 3 lembar daun jeruk
  • 3 buah cabai merah, iris serong
  • 3 buah cabai rawit merah, iris serong
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 5 butir bawang merah, haluskan
  • 1 sendok makan gula merah, sisir
  • 2 sendok makan asam jawa, larutkan dengan sedikit air
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat Resep Sayur Asem:

  1. Goreng ikan gurame hingga matang dan kecokelatan. Angkat dan sisihkan.
  2. Rebus air dalam panci hingga mendidih.
  3. Masukkan daun salam, serai, dan daun jeruk. Masak hingga harum.
  4. Masukkan kacang panjang, labu siam, dan jagung. Masak hingga setengah matang.
  5. Tambahkan bumbu halus, cabai merah, dan cabai rawit. Aduk rata.
  6. Tuangkan larutan asam jawa dan gula merah. Aduk kembali.
  7. Tambahkan garam secukupnya sesuai selera.
  8. Masukkan ikan gurame yang sudah digoreng tadi.
  9. Masak hingga sayur benar-benar matang dan bumbu meresap.
  10. Angkat dan sajikan sayur asem ikan dengan nasi hangat.

3. Resep Sayur Asem Ayam

Terakhir, kita punya sayur asem ayam yang nggak kalah lezatnya.

Daging ayam yang empuk dipadu dengan rasa asam yang segar, bikin kamu makin sayang sama masakan Indonesia! Ini dia resepnya:

Bahan-bahan:

  • 300 gram daging ayam, potong-potong
  • 200 gram kacang panjang, potong-potong
  • 100 gram labu siam, potong-potong
  • 2 buah jagung manis, potong-potong
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai, memarkan
  • 3 lembar daun jeruk
  • 3 buah cabai merah, iris serong
  • 3 buah cabai rawit merah, iris serong
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 5 butir bawang merah, haluskan
  • 1 sendok makan gula merah, sisir
  • 2 sendok makan asam jawa, larutkan dengan sedikit air
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat Resep Sayur Asem:

  1. Tumis bawang putih hingga harum. Masukkan potongan daging ayam, aduk hingga berubah warna.
  2. Rebus air dalam panci hingga mendidih.
  3. Masukkan daun salam, serai, dan daun jeruk. Masak hingga harum.
  4. Masukkan kacang panjang, labu siam, dan jagung. Masak hingga setengah matang.
  5. Tambahkan bumbu tumis, cabai merah, dan cabai rawit. Aduk rata.
  6. Tuangkan larutan asam jawa dan gula merah. Aduk kembali.
  7. Tambahkan garam secukupnya sesuai selera.
  8. Masak hingga sayur benar-benar matang dan bumbu meresap.
  9. Angkat dan sajikan sayur asem ayam dengan nasi hangat.

Wah, gimana nih, bikin kamu ngiler kan? Yuk, langsung aja praktekkan resep-resep di atas di dapur kamu. Dijamin, keluarga kamu bakal ketagihan dan minta lagi! Selamat mencoba!