Resep Tom Kha Gai Khas Thailand yang Bikin Nyaman Perut

Tom Kha Gai Khas Thailand. (Sumber Gambar: recipecontent.fooby.ch)
Tom Kha Gai Khas Thailand. (Sumber Gambar: recipecontent.fooby.ch)

PASUNDAN EKSPRES – Lagi masuk musim hujan jadi enaknya makan yang berkuah tapi bosen manakan berkuah gitu-gitu saja? Cobain buat bikin Tom Kha Gai, yuk!

Resep Tom Kha Gai Khas Thailand yang Bikin Nyaman Perut!

Ini tuh sup Thailand yang terkenal banget dengan rasanya yang enak dan wangi, plus kuahnya yang kental dan warnanya putih karena santan.

Tom Kha Gai artinya “ayam yang dimasak dengan bumbu lengkuas”.

Bahan utamanya ada ayam, jamur, santan, lengkuas, cabai, serai, dan daun jeruk.

Kelihatannya mirip sama sayur lodeh atau ayam kuah santan ala Indonesia, soalnya bahan dan bumbunya mirip yang biasanya dipakai di masakan Indonesia.

Kalau mau nyoba bikin sendiri di rumah, ini resepnya:

Bahan-bahannya:

  • 300-400 gr daging ayam
  • 100 gr jamur kancing
  • 200 ml santan kental
  • 1 L kaldu ayam

 

BACA JUGA: Resep Lumpia Isi Sayuran dan Ayam Pedas Untuk Jualan, Hasilnya Beneran Enak Pantesan Viral di Tiktok!

 

Bumbu:

  • 3 sdm kecap ikan
  • 5 cm lengkuas, diketuk-ketuk
  • 6 buah cabai merah, iris tipis
  • 8 lembar daun jeruk
  • 2 batang serai, diketuk-ketuk dan dipotong serong
  • 1 buah bawang bombai, potong-potong
  • 1 buah jeruk nipis, airnya diperas
  • 4 siung bawang putih, iris tipis
  • 1 buah tomat merah, potong jadi empat
  • Garam dan gula secukupnya
  • Daun peterseli untuk taburan

Cara buatnya:

  1. Cuci bersih daging ayam, potong-potong kecil terus rebus sebentar sampai matang, lalu tiriskan. Sisihkan.
  2. Cuci bersih jamur kancing, iris tipis.
  3. Rebus air kaldu ayam, masukkan daging ayam ke dalam air sampe matang.
  4. Kalo gak ada kaldu ayam, bisa tambahin kaldu bubuk aja pas mau nambahin gula dan garam.
  5. Masukkan lengkuas, serai, bawang bombai, bawang putih, dan daun jeruk.
  6. Kalo aromanya udah wangi, masukkan santan, tomat, dan jamur.
  7. Masukkan kecap ikan, gula, dan garam, aduk rata dan masak sampe semua bahan matang dan bumbunya meresap.
  8. Matiin api, tambahin air jeruk nipis, aduk rata.
  9. Sajikan di mangkuk dengan nasi hangat, taburi daun peterseli di atasnya.

 

 

Mudah, ‘kan?

Tom Kha Gai ini dijamin bakalan jadi menu favorit di rumah, deh!

Selamar mencoba, ya! (pm)