3 Olahan Daging Sapi yang Bakal Bikin Lidah Kamu Bergoyang-goyang

3 Olahan Daging Sapi yang Bakal Bikin Lidah Kamu Bergoyang-goyang
3 Olahan Daging Sapi yang Bakal Bikin Lidah Kamu Bergoyang-goyang

PASUNDAN EKSPRES-Woi, para pecinta masakan! Ada yang sudah makan siang belum? Kalau belum,

siap-siap aja karena kali ini aku bakal kasih tau kamu tentang tiga olahan daging sapi yang bakal bikin lidah kamu bergoyang-goyang.

Siap-siap nggak berhenti ngunyah!

3 Olahan Daging Sapi yang Bakal Bikin Lidah Kamu Bergoyang-goyang

1. Sapi Lada Hitam

Siapa yang nggak suka rasa pedas dan gurih? Nah, sapi lada hitam ini adalah kombinasi sempurna dari kedua rasa tersebut.

Daging sapi yang empuk dipadu dengan aroma lada hitam yang khas, wah, bikin pengen nambah terus! Yuk, simak resepnya:

Bahan-bahan:

  • 500 gram daging sapi, potong dadu
  • 3 sendok makan kecap manis
  • 2 sendok makan saus tiram
  • 1 sendok makan lada hitam bubuk
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 buah bawang bombay, potong dadu
  • 1 buah paprika merah, potong dadu
  • 1 buah paprika hijau, potong dadu
  • 2 batang daun bawang, iris halus
  • Minyak goreng secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Panaskan minyak dalam wajan.
  2. Tumis bawang putih hingga harum.
  3. Masukkan potongan daging sapi, aduk hingga berubah warna.
  4. Tambahkan kecap manis, saus tiram, lada hitam bubuk, dan garam. Aduk rata.
  5. Masukkan bawang bombay, paprika merah, dan paprika hijau. Aduk hingga semua bahan tercampur.
  6. Masak hingga daging sapi matang dan bumbu meresap.
  7. Terakhir, tambahkan daun bawang. Aduk sebentar, kemudian angkat.
  8. Sajikan sapi lada hitam selagi hangat.

2. Daging Sapi Bumbu Bali

Kalau yang satu ini, siap-siap aja untuk merasakan sensasi pedasnya bumbu bali yang menyengat.

Cocok banget buat kamu yang doyan pedas! Nah, ini dia resepnya:

Bahan-bahan:

  • 500 gram daging sapi, potong tipis
  • 5 buah cabai merah besar, haluskan
  • 3 buah cabai rawit merah, haluskan
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 2 batang serai, memarkan
  • 3 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 sendok makan terasi, bakar
  • 2 sendok makan gula merah, sisir
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

  1. Panaskan minyak dalam wajan.
  2. Tumis bumbu halus (cabai merah, cabai rawit, bawang putih) hingga harum.
  3. Masukkan daging sapi, aduk hingga berubah warna.
  4. Tambahkan terasi, daun salam, daun jeruk, dan serai. Aduk rata.
  5. Tuang air secukupnya, masak hingga daging sapi empuk dan bumbu meresap.
  6. Tambahkan gula merah dan garam secukupnya, aduk rata.
  7. Masak hingga bumbu meresap dan kuah mengental.
  8. Angkat dan sajikan daging sapi bumbu bali dengan nasi hangat.

3. Daging Sapi Gulai

Gulai adalah salah satu masakan tradisional yang nggak pernah lekang oleh waktu.

Nah, dengan menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya, gulai ini akan semakin lezat dan menggugah selera. Yuk, simak resepnya:

Bahan-bahan:

  • 500 gram daging sapi, potong dadu
  • 400 ml santan kental
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 batang serai, memarkan
  • 3 lembar daun salam
  • 3 buah cabai merah besar, iris serong
  • 5 buah cabai rawit merah, iris serong
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 5 butir bawang merah, haluskan
  • 2 sendok makan minyak sayur
  • Garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Panaskan minyak dalam wajan.
  2. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum.
  3. Masukkan daging sapi, aduk hingga berubah warna.
  4. Tambahkan daun jeruk, serai, dan daun salam. Aduk rata.
  5. Tuang santan kental, masak dengan api kecil hingga daging sapi empuk.
  6. Masukkan cabai merah dan cabai rawit, aduk rata.
  7. Tambahkan garam secukupnya, koreksi rasa.
  8. Masak hingga bumbu meresap dan kuah mengental.
  9. Angkat dan sajikan daging sapi gulai dengan nasi hangat.

Wah, gimana nih, bikin ngiler kan? Yuk, langsung aja praktekkan resep-resep di atas di dapur kamu. Dijamin, keluarga kamu bakal ketagihan dan minta lagi! Selamat mencoba!