Cara Buat Mooncake Klasik Bisa Banget Buat Pemula

Mooncake Klasik. (Sumber Gambar: Koi Palace)
Mooncake Klasik. (Sumber Gambar: Koi Palace)

PASUNDAN EKSPRES – Ada yang lagi viral, nih! Apa lagi kalau bukan Mooncake klasik! Sudah pernah coba? Berhubung harganya agak mehong, gimana kalau kita trial dan error buat resepnya sendiri?

Cara Buat Mooncake Klasik

Nih, buat yang kepo gimana, sih, cara buat kue yang lagi viral ini, langsung aja simak resep Mooncake Klasik di bawah ini, yuk!

Bahan-bahan

Golden Sirup:

  • 250 gr gula palm atau brown sugar
  • 250 gr gula halus
  • 250 gr air
  • 1/2 lemon, ambil airnya

 

BACA JUGA: Resep Panna Cotta Strawberry ala Restoran, Dijamin Lembut dan Manisnya Pas

 

Bahan adonan kulit:

  • 2 gr air abu atau soda kue
  • 250 gr terigu protein sedang
  • 175 gr golden syrup
  • 50 gr minyak

Cara bikin golden sirup:

  1. Campur semua bahan (kecuali lemon) dan masak sampe mendidih.
  2. Terus, tambahin air lemon dan masak lagi sampe agak kental.
  3. Angkat dan dinginkan.

Cara bikin mooncake:

  1. Aduk semua bahan sampe rata dan halus. Diamkan adonan sekitar 1-2 jam sebelum dipake.
  2. Buat kuning telur asin: Siapin telur bebek asin mentah, ambil kuningnya aja, terus susun di atas loyang. Oven pake suhu 175 derajat celcius selama 10-15 menit.
  3. Siapin isian sesuai selera. Beratnya tergantung ukuran cetakan yang dipake. Isi tengahnya pake kuning telur asin yang udah disiapin tadi.
  4. Ambil adonan kulit, biasanya berat kulit itu sekitar 1/4-1/3 dari berat total isian.
  5. Bungkus isian dengan adonan kulit, balur pake terigu, terus masukin ke dalam cetakan. Tekan rapat dan keluarin ke atas loyang.
  6. Oven pake suhu 175-180 derajat celcius selama 15 menit. Keluarin dari oven, tunggu sampe dingin, terus olesin pake kocokan telur, oven lagi sampe kecokelatan.
  7. Voila! Mooncake-nya udah jadi.
  8. Gimana hasilnya?

 

 

 

Sekarang, tinggal dinikmatin, deh!

Jangan lupa olesin kocokan telur lagi sebelum dimakan!

Ah iya, kalau resep ini berhasil dan hasilnya baik, kalian bisa juga buat ide jualan, lho!

Lumayan banget, ‘kan bisa nambah-nambah cuan?

Selamat mencoba, ya! (pm)